Sunday, March 29, 2015
2 comments

Membuat Equalizer Sendiri Dengan LA-3600

Membuat Rangkaian Equalizer sendiri mudah dan sederhana - melengkapi koleksi skema rangkaian audio amplifier sahabat, kali ini eaction coba share artikel yang berhubungan dengan ampli atau bisa juga dikategorikan ke rangkaian tone control, dimana rangkaian equalizer yang dimaksud digunakan untuk memperbaiki kualitas audio, untuk meningkatkan nada tinggi,menengah atau nada rendah.

Equalizer banyak sekali digunakan karena pengaturannya nada yang ingin dihasilkan bisa lebih sesuai dengan yang diinginkan ketimbang menggunakan rangkaian tone control biasa, hanya ada pengaturan Bass dan Treable saja.

Membuat Equalizer Senderhana Dengan IC LA-3600

Membuat equalizer sederhana dengan menggunakan ic yang banyak dan mudah ditemukan di toko-toko elektronik memungkinkan sahabat, bisa merakitnya sendiri dengan mudah, sahabat bisa merakitnya pada sebuah pcb yang sudah didesain sendiri jalurnya atau bisa juga dengan menggunakan pcb dot yang kecil, atau dikenal dengan sebutan pcb lobang ic.

Bentuk Fisik LA3600

la-3600
 Sebelum kerangkaian equalizer menggunakan la3600 ada baiknya mengenal dan mengetahui lebih jauh dari komponen inti dari equalizer yang akan dibuat, perhatikan gambar disamping kiri, merupakan gambar bentuk fisik dari ic la-3600, satu ic la3600 untuk 5 chanel atau biasa disebut dengan 5 Band Graphic Equalizer. jika anda hendak membuat lebih dari 5 bisa menggunakan dua buah ic atau lebih.

IC LA-3600 terdiri dari 16 Pin (kaki) antara lain :
Pin 1 s/d pin 10 dihubungkan ke tahanan geser atau potensio,
Pin 11 merupakan line input / masukan.
Pin 12 Sinyal NF
Pin 13 merupakan line Output / keluaran
Pin 14 merupakan line tegangan VCC (tegangan dc positif).
Pin 15 DC
Pin 16 Ground (GND).

Blok Diagram LA3600
Untuk mengetahui lebih lanjut dan lebih mengenal ic la-3600 perhatikan blog diagram "Equivalent Circuit Blok Diagram", dibawah ini :

5 band graphich equalizer simple

Skema Rangkaian Equalizer
Untuk merakit equalizer sederhana berikut ini contoh skema rangkaian equalizer menggunakan ic la-3600 mono lima chanel.

skema-rangkaian-circuit-equalizer


Kunci dari equalizer ini terdapat pada kalibrasi nilai capasitansi kapasitor yang digunakan, semakin kecil nilai kapasitansinya maka semakin tinggi frekuensi suara yang dihasilkan, Resonansi Frekuensi yang dihasilkan tergantung dari besaran nilai kapasitansi kapasitor yang digunakan pada line BASE atau NF-nya (kapasitor C1 dan kapasitor C2), untuk mendapatkan nada sesuai yang diinginkan bisa menggunakan rumus berikut :

Rumus untuk menentukan nilai kapasitor sesuai nada yang diinginkan
capacitor equalizer
fo = hasil resonansi frekuensi yang diinginkan
R1 dan R2 = Nilai tahanannya tetap, karena sudah terdapat didalam ic, (R1 = 1200 ohm, dan R2 = 68000 ohm).
Dari skema rangkaian diatas penggunaan capasitor C1 dan C2 untuk 5 chanel di peroleh resonansi frekuensi equalizernya, f0=108Hz,343Khz,1.08Khz, 3.43Khz, 10.8Khz. semoga contoh rangkaian sederhana menggunakan LA3600diatas bisa jadi sedikit tambahan refrensi buat para pembaca yang hendak membuat atau merakit sendiri equalizer. 

2 comments:

 
Toggle Footer
Top