Saturday, March 14, 2015
0 comments

Rangkaian Power Amplifier OCL 150 Watt

Rangkaian Power Amplifier OCL 150 Watt ini adalah termasuk power amplifier yang memiliki daya tinggi. Rangkaian ini dapat digunakan untuk speaker yang berdaya tinggi juga yang lazimnya digunakan pada panggung-panggung yang memerlukan suara yang besar. Rangkaian akan menghasilkan daya output 150 Watt jika digunakan transistor yang memiliki kualitas baik dengan degangan dan arus maksimal yang direkomendasikan.
OCL merupakan singkatan dari Output Capacitor Less yang artinya adalah penguat atau amplifier yang mana pada outputnya tidak menggunakan kapasitor kopling sebagai filter segaligus pengaman terhada speakernya. Kelebihan dari sistem OCL ini adalah memiliki respon frekuensi yang lebih baik dibandingkan dengan yang memiliki kopling kapasitor namun disamping kelebihannya, kekurangan dari OCL ini adalah jika transistor Final ada yang rusak maka tegangan dari power supply akan langsung mengalir pada speaker sehingga bisa menyebabkan speaker mendapatkan tegangan dari power supply yang mengakibatkan rusaknya speaker.
Namun disamping kekurangan dari OCL ini bisa diatasi dengan memasang speaker protektor pada bagian outputnya. Adapun skema rangkaian power amplifier OCL 150 Watt adalah sebagai berikut (Klik gambar untuk melihat lebih jelas) :
rangkaian-power-amplifier-ocl-150-watt
Skema rangkaian power amplifier OCL 150 Watt
pcb-power-amplifier-ocl-150-watt
Contoh PCB Amplifier OCL 150 Watt

Pada transistor bagian final, yaitu 2N3055 dan MJE2955 dapat diganti dengan TIP3055 dan TIP2955. tegangan power supply yang digunakan adalah power supply jenis simetris yang mana terdapat tegangan minus dan ground. Arus yang direkomendasikan untuk rangkaian amplifier ini adalah minimal 5-10 A serta jangan lupa memberikan pendingin alumunium yang cukup terutama pada transistor bagian akhir.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top