Wednesday, March 18, 2015
9 comments

Mengatasi dengung Ampli karena Power Supply




Mulanya Tone Control parametrik merk Bell rusak, karena kena tetesan kopi yang ditaruh di atas box ampli, alhasil jadi beli baru dah, eh pas beli baru, design sudah dirubah sama bell, rangkaian Parametrik Macintosh merk bell baru ini tidak masuk ke casing, rangkaian yang dulu sama dengan casing Bell C-40 yang sekarang pake Bell CX-40, cuma beda dikit padahal jaraknya, mungkin karena banyak ditiru designnya jadi pihak Bell merubah design tersebut.

Saya beli deh, Parametrik baru dari Bell beserta casingnya CX-40, solder-solder sudah terpasang, tetapi hasil akhir berbeda nih dengan yang lama, atau saya dapat yang jelek, entahlah, yang jelas, memang rangkaian parametrik masih sama dengan yang lama, tetapi power supply jauh berbeda, yang kini lebih simple dan sedikit komponennya.

Masalah yang timbul adalah, di volume level 75% ke atas, timbul suara dengung pada speaker, memang sih untuk rumah tidak akan setel sebesar itu, tetapi rasanya kurang sempurna dan ada yang kurang sreg kalo begini mah, utak-atik, kalo lagi sempet keluar, mampir ke toko elektronik, beli elco untuk rangkaian power supply, diperbesar, karena masalah dengung, sepertinya ground sudah sempurna pemasangannya, seperti yang telah saya tulis pada sebelumnya tentang mengatasi dengung karena ground.

pertama beli elco 2200uf 25V masih dengung, lalu ganti lagi jadi 2200uf 63V, juga masih dengung, kalo aslinya ukuran 1000uf 63v, akhirnya terpikirkan pakai rangkaian power supply yang lama untuk tone control ini, siapkan bor dan pasang dah power supply yang lama, hasilnya, waw... sempurna, dengung hilang sama sekali, bahkan pada volume full, tidak terjadi dengung... wah apa ya perbedaannya??

 Power Supply Baru dari Bell CX-40
Power Supply Lama dari Bell C-40

Berikut perbedaan power supply lama dan yang baru dari Macintosh Parametrik Bell:
1. Trafo sepertinya tidak masalah, yang lama dua travo dijadikan 1, dan yang baru sudah pake CT 500mA
2. Dioda bridge juga masih sama
3. Elco yang digunakan berbeda jauh, yang lama pakai 4700uf 63V, sedangkan yang baru hanya 1000uf 63V, mungkin ini juga penyebabnya
4. IC Regulator juga tidak berbeda, menggunakan 7815, dan 7915 untuk menstabilkan arus menjadi 15V
5. Nah, ini sih menurut saya perbedaannya, yang lama terdapat elco penstabil tegangan pada rangkaian akhir, sedangkan yang baru tidak, langsung menuju + CT -, kalo yang lama ada elco 100uf 50V, menemani arus keluar + CT -

Nah, sudah ketahuan, arus yang dikeluarkan power supply lama lebih stabil dan hasilnya bisa menghilangkan suara dengung yang cukup mengganggu telinga.

Berikut rangkaiannya, bisa ditiru, jika mau keluar 12V CT, pakai saja komponen yang sama, tetapi IC Regulatornya dirubah jadi 7812 dan 7912.

Bahan untuk membuat:
1. Rangkaian PCB
2. Trafo 500mA CT 18V
3. Dioda bridge
4. 2 buah Elco 4700uf 63V
5. IC Regulator 7815 dan 7915
6. 2 buah Elco 100uf 50V

9 comments:

  1. Pot level kalo di naikkan d jam 10 kok desis ya
    Kl jam 9 halua

    ReplyDelete
  2. Klo pnya sya levelnya bru naik sdikit udh dengungnya gde, apanya tuh mas, mksh

    ReplyDelete
  3. Itu transistor nya kaki nomer 1 basic atau conector atau emitor

    ReplyDelete
  4. punya saya sdah smua cara di lakukan kok masih dengung ya, ap hrus ganti potensio. tlong pncerahannya mas

    ReplyDelete
  5. Kalau di ganti dengan travo donat 1,5 a 18v kira kira bagus gk ya lur?

    ReplyDelete
  6. Halo Gan,

    "... seperti yang telah saya tulis pada sebelumnya tentang mengatasi dengung karena ground."

    Bisa minta link-nya?

    Trims

    ReplyDelete
  7. Kalo pakai Trafo 1 Ampere bisa Mass.
    tegangan CT 18 volt

    Dan untuk Power Suply'nya saya ganti pakai 2 buah Elco 2200 uf 50 volt.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top