Thursday, August 13, 2015
0 comments

Rangkaian Inverter Dari AC Ke DC

Inverter AC ke DC pada dasarnya bekerja dengan menggunakan rangkaian kontrol untuk menghasilkan pulsa listrik pada daya tinggi (biasanya di ratus hingga ribu watt) dan kemudian pulsa daya tinggi ini terhubung ke transformator untuk mendapatkan tegangan tinggi, yaitu 220 volt. Sebagai contoh, rangkaian kontrol dapat direalisasikan dengan menggunakan rangkaian mikrokontroler. Dengan menggunakan mikrokontroler, pulsa yang dihasilkan dapat dibentuk di gelombang sinus dimodifikasi dengan menggunakan teknik modulasi lebar pulsa. Kita dapat membangun inverter sederhana menggunakan multivibrator stabil seperti dijelaskan di halaman ini.
Suatu waktu kita pergi berkemah, memancing dan membuat beberapa aktivitas di luar rumah yang perlu catu daya listrik, maka kita dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan bensin atau diesel generator set. Itu semua benar jika kita mempunyai peralatan itu. Tapi jika tidak, maka kita membutuhkan catu daya DC. Sebuah catu daya DC bisa diwujudkan oleh Inverter AC ke DC.
Inverter AC ke DC
Gambar skema rangkaian Inverter AC ke DC
Daftar komponen yang diperlukan :
Resistor : 1k, 6k8,
Transistor : C9013
IC : AT89C2051
Lain- lain : MOSFET, IRFZ 44
Di rangkaian ini, AT89C2051 digunakan untuk menghasilkan pulsa yang digunakan untuk MOSFET mengemudi IRFZ 44. MOSFET ini dinyalakan dan dimatikan arus DC ke tegangan transformator sisi rendah. Tegangan tinggi yang dihasilkan pada sisi lain yang dapat menyalakan lampu. Untuk mendapatkan kekuatan yang lebih tinggi, kita dapat menambahkan MOSFET lebih dalam koneksi paralel.
Rangkaian ini cukup gampang dan sederhana. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemasangan IC (Integrated Circuit) dan transistor membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Bila salah memasang kaki-kakinya atau terjadi konslet antar kaki bisa menyebabkan rangkaian tidak berfungsi. Oleh karena itu ditekankan di sini, hendaknya Anda mempelajari dulu simbol-simbolnya, barulah melangkah pada perakitan rangkaian.
Para hobbyist dan praktisi elektronika tentu tidak akan melewatkan pesawat yang satu ini dalam proyek eksperimen. Selamat mencoba deh dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk terus mengunjungi rangkaianelektronika.net untuk mendapatkan update tentang rangkaian elektronika.

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas yang jauh dari jangkauan rumah dan instalasi PLN, wajib menggunakan Inverter AC ke DC.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top